Selasa, 29 September 2015

CURHATAN FRESH GRADUATE YANG UDAH GAK "FRESH" LAGI

Assalamualaikum,
Perkenalkan namaku Navis, aku mau cerita tentang pengalamanku menjadi seorang fresh graduate. Sebelumnya aku adalah mahasiswi di salah satu perguruan tinggi negeri di kota Purwokerto. Aku mengambil jurusan agroteknologi dari tahun 2011 sampai bulan juni 2015 kemarin aku diwisuda.
Kalau ditanya perasaannya setelah lulus menjadi sarjana itu bisa dibilang bahagia cuma sehari aja yaitu pas hari wisuda, esok harinya adalah perjuangan hidup yang harus dilalui dan peng"galau"an yang akan segera dimulai. setelah wisuda aku sempat galau apakah mau nerusin kuliah magister atau mau kerja. Setelah melalui beberapa pertimbangan dan perhitungan yang cukup matang, maka aku memilih untuk bekerja dahulu dan menyimpan impianku kuliah magister. sebenarnya cita-citaku menjadi seorang pengajar alias dosen, tapi berhubung setelah lulus kuliah ada situasi dan kondisi yang sangat panjang untuk dijelaskan maka aku memutuskan untuk menunda impianku menjadi ibu dosen. hehehehe.
Singkat cerita, hari pertamaku menjadi "pengangguran sementara" (aku ga mau jadi pengangguran so, aku tambahin kata sementara) aku mulai mencari kerja lewat jalur online, yaitu mendaftar beberapa situs pencari kerja dan lewat jalur mengirim e-mail ke beberapa alamat perusahaan. Beberapa situs pencari kerja yang aku daftar itu ada :
- www.jobstreet.com
- www.jobdb.com
- www.jobsid.com
di situs tersebut aku membuat akun dan meng"upload" resume, sehingga para HRD perusahaan yang sedang mencari pekerjaan bisa melihat potensiku, di situs itu juga kita bisa langsung mendaftar ke perusahaan yang memang lagi buka lowongan dengan hanya mengklik "apply".
saat menulis resume kita harus pandai-pandai mempromosikan diri kita agar para HRD tertarik dengan kita dan mau menindaklanjuti apply lamaran kita.
Hari berganti hari,  hingga sampailah di akhir bulan, aku merasa lumayan frustasi pada saat itu karena belum satupun lamaran yang aku kirim lewat situs kerja online membuahkan hasil.
aku putar otak dan bertanya sendiri, kenapa belum ada panggilan wawancara, padahal sudah banyak aku masukan lamaran lewat online. sebulan berlalu cukup membuat status fresh graduate mulai layu dan tak semangat lagi.
untuk para fresh graduate, saranku ketika hendak melamar kerja adalah :
1. jangan asal masukan lamaran kerja, tapi cocokan kualifikasimu dengan posisi yang sedang dibuka, jangan sampai kamu cuma membuang waktu untuk melamar di posisi yang sudah jelas tidak bisa diterima.
2. sebagai fresh graduate yang belum punya pengalama kerja, kita jangan terlalu memilih milih pekerjaan, tapi juga jangan asal pilih pekerjaan. maksud nya adalah pilihlah pekerjaan yang masih bisa memberikan manfaat dan benefit yang bagus untuk kelangsungan karirmu.
3. tetap semangat mencari kerja dan mendaftar pekerjaan di situs kerja setiap harinya, targetkan misalnya dalam satu hari harus mengirim lamaran senayak 10 buah. hal ini penting karena semakin banyak kita melamar pekerjaan maka peluang kita dipanggil untuk wawancara akan semakin banyak.
4. jangan lupa minta doa restu oprangtua kita, karena doa orangtua itu palingmustajab deh buat anaknya.
5. jangan menyerah walaupun belum ada panggilan, jangan menyerah walaupun statusmu masih pengangguran sementara, kalau kamu menyerah maka status pengangguran sementaramu bakal naik jadi pengagguran abadi. ga mau kan? so, ayo berusaha sampai dapat kerja.

selamat berjuang semoga kita semua mendapat pekerjaan yang kita inginkan, yakin pasti Alloh sudah menyusun rencana indah untuk kita.
semoga tulisan ini bermanfaat yaa...
nanti aku update lagi tulisan tulisan ku tentang pengalamanku sebagai pencaker. 
Wassalamualaikum.

4 komentar:

  1. Brbagi pnglaman jg boleh vis? Hhe

    Jangankan untuk panggilan wawancara, uda lolos seleksi admin aja awalnya sneenngg bgt. Kya yg uda kterima krja.Padahal......
    Msh banyak tahapan yg hrs d lalui. Blm psikotest ny, wawancara hrd, wawancara user, blm lg MCU.
    Uda lolos tahapan sleksiny pn jgn brsenang hati scr brlebihan dlu. Ada masa training yg memungkinkan qt tdk lolos, alias ga jdi krja d prusahaan itu.
    So, maksimalin semua tahapan yg akan Dan sedang d lalui.
    Keep spirit guys.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih ya udah komen blog aku, hehe
      semoga pekerjaan kita nanti berkah untuk semua.. Amiinnn
      good luck!

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Skill harus mumpuni dari bidang yg dituju dan yang pasti harus menguasai pada divisi pekerjaan yg dituju. Karena perusahaan zaman sekarang begitu pie, tapi dari semua a adalah minta sama Allah swt karna karena dunia ini punya Allah SWT semestinya, harus izin dan minta ridho Ama yg punya guys..

    BalasHapus